Selasa, 18 Oktober 2016

keluarga sakinah bagimu yang tengah menanti

Keluarga sakinah
Keluarga sakinah adalah keluarga yang dibina di atas restu dan ridha Allah swt, di dalamnya terdapat kedamaian atau ketenangan. Tujuan utama menikah adalah mendapatkan ketenangan lahir dan batin, memperoleh keturunan dan menyempurnakan setengan agama.
Ketenangan dapat diperoleh dengan beberapa cara yaitu:
1.      Berusaha berucap dengan baik dan yang baik-baik
2.      Berusaha selalu tersenyum disegala kondisi
3.      Menggauli istri dengan cara yang baik
Siapa orang yang tak menginginkan menikah, membangun rumah tanggga yang bahagia, tentram dan damai. Pastilah semua orang menginginkannya, akan tetapi menikah tidak semudah mengedipkan mata. Menikah bukan perkara yang mudah meskipun melaksanakan ijab dan qobul hanya membutuhkan beberapa menit saja, tapi setelah menikah akan kau bawa kemana rumah tangga mu itu, dengan siapakan kamu menikah, keluarga yang bagaimana yang akan kamu bangun, apa yang menjadi landasan ketika kamu patah dan terjatuh.
Beribu tanda tanya muncul ketika kaki akan melangkah untuk menikah, keraguan mungkin mendera begitu mendalam tapi karena menikah adalah suatu amalan yang menyempurnakan agama serta sunah rasulillah saw maka menikah bagi muslim adalah sebuah kebahagiaan dan harapan. Ketika hati ragu ingin menikah, maka yakinlah bahwa Allah swt memberikan kemudahan-kemudahan yang amat sangat banyak. Janji Allah swt begitu nyata “laki-laki yang baik hanya untuk wanita yang baik dan laki-laki yang keji hanya untuk wanita yang keji pula”. ( QS. 24:26 ) sudah jelaslah konsep pernikahan yang Allah swt ciptakan, maka kunci dari ketenangan adalah berusaha memperbaiki diri sehingga menjadi baik untuk memperoleh jodoh yang baik, begitu sebaliknya.
Allah swt pun telah berfirman “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”
( QS. 30:21)
Coba kita renungkan bagaimana maha adilnya Allah swt, yang menciptakan segala sesuatu tanpa ada yang sia-sia yang bermanfaat bagi mahkluk-Nya. Bahkan Allah swt menciptakan pasangan kita dari jenis kita sendiri yang akan mampu menimbulkan kecondongan hati dan rasa yang tentram.
So.................................
Menikahlah dengan wanita yang sekufu, berdasarkan keimanannya bukan karena kecantikan, harta, jabatan ataupun kemolekan tubuhnya. Karena barang siapa yang mencintai manusia karena nafsu atau kepentingan dunia (kecantikan, kedudukan dan harta) maka kelak di akhirat maka cinta itu akan berubah menjadi permusuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar